Jumat, 22 Februari 2013

BANGUNAN DAN TEMPAT BERSEJARAH DI SINGKAWANG

Singkawang memang sudah terkenal karena banyak tempat wisatanya. Banyak pelancong dari dalam dan luar negeri yang datang ke Singkawang untuk menikmati keindahan alamnya. Namun tahukah kamu bahwa ternyata Kota Singkawang juga memiliki tempat tempat atau bangunan bersejarah.Apasajakah itu ? Berikut adalah tempat atau bangunan bersejarah
kota Singkawang (disusun berdasarkan usia bangunan) 

1. Toa pekong atau Vihara Bumi Raya
   Bangunan tempat peribadatan warga Tionghua ini merupakan bangunan tertua yang ada di Kota  Singkawang  tidak ada yang tahu pasti kapan dibangunnya, yang pasti bangunan ini telah berusia lebih kurang 200 tahun.





2. Rumah tua marga XIE
   Bangunan ala Tiongkok kuno yang khas ini terletak di belakang deretan bangunan ruko baru JI. Budi Utomo, Singkawang.Tepatnya rumah No.36 ini di ujung jalan menuju tepi sungai.  Bangunan nuansa antik yang didirikan Xie Shou (alias Xie Zhong Shou, Xie Shou, Xie Feng Chen), sang leluhur perintis pertama marga Xie sudah berumur 105 tahun namun masih berdiri kokoh. Hingga kini sudah menjelang tujuh generasi masih menetap di situ  dan meneruskan dan generasi ke generasi.

3. Gereja Katedral Paroki
   
Gereja Katedral Paroki merupakan gereja peninggalan dari jaman Belanda, bangunan ini memiliki gayadan arsitektur yang khas.Sebagai salah satu bangunan tertua di kota Singkawang yang dibangun pada masa penjajahan Belanda di awal abad ke 20, Gereja ini terletak ditengah kota Singkawang tepatnya pada Jalan Pangeran Diponegoro Singkawang.

4. Masjid Raya Singkawang
   Masjid Raya Kota Singkawang yang kini menjadi kebanggaan masyarakat di sekitarnya tersebut didirikan pada 1885 atau 126 tahun silam, ketika Indonesia masih dalam cengkeraman kuku penjajah Belanda.Pendirinya Kapitan Bawasahib Marican, seorang pendatang dari Calcutta India, Distrik Karikal.
   Sayangnya masjid yang bersejarah ini telah direnovasi sehingga bentuk aslinya telah hilang, tinggal menaranya saja.

5.Mess Daerah Singkawang

   Bangunan tua yang terletak di jalan Merdeka ini merupakan bangunan bersejarah peninggalan pemerintah kolonial  Belanda.Bangunan ini dulunya merupakan tempat kediaman para petinggi Belanda yang  ada di Singkawang. Sampai saat ini bangunan tersebut masih terawat dengan baik.



6. Bangunan tua di jalan R.A kartini

    Kalau anda ke sekip lama masuk dari simpang empat, maka mulai dari simpang empat sampai batas jalan Hansip anda akan melihat asrama asrama tentara yang dulunya merupakan asrama untuk para prajurit dan perwira TNI AD. Waktu itu KODAM tanjung pura masih ada di kalbar (Pontianak)

Sampai sekarang bangunan bangunan tua milik para perwira militer tersebut masih berdiri, meski mulai terlihat keropos disana sini. Bangunan bangunana tua yang terbuat dari kayu belian itu dapat anda lihat disekitar simpang empat masuk ke jalan RA. kartini sebelah kiri jalan.

1 komentar:

  1. apa ikon kota singkawang yang sebenarnya??? yang berawal dari sejarah kota singkawang???

    BalasHapus

silahkan berkomentar tentang isi blog ini

Pengikut